Full believe plan of Allah SWT

Cara Menyusun RPP Standar Proses dan Format Penetapan KKM SD 2011

MENYUSUN RPP STANDAR PROSES (PERMENDIKNAS N0.41 TAHUN 2007)
Menurut permendiknas no.41 tahun 2007,langkah-langkah menyusun rencana pelaksanaan pembelajaran (RPP) adalah:
1.menuliskan identitas rpp
a. identitas rpp terdiri atas: nama sekolah ,mata pelajaran , kelas ,semester ,standar kompetensi ,kompetensi dasar ,indikator dan alokasi waktu.
b.standar kompetensi , kompetensi dasar dan indikatot di kutip dari silabus.(standar kompetensi – kompetensi dasar – indikator adalah suatu alur pikiran yang terkait tidak dapat di pisahkan)
c.indikator merupakan :
·         Ciri perilaku (bukti terukur) yang dapat memberikan gambaran bahwa peserta didik telah mencapai kompetensi dasar
·         Penanda pencapaian kompentensi dasar yang di tandai oleh perubahan perilaku yang dapat di ukur yang mencangkup sikap pengetahuan dan keterampilan
·         Di kembangkan sesuai karakteristik peserta didik, satuan pendidikan dan potensi daerah
·         Rumusannya menggunakan kerja operasional yang terukur dan dapat di opserfasi
·         Digunakan sebagai dasar untuk menyusun alat penilaian
d.alokasi waktu diperhitungkan untuk mencapai kompetensi dasar, di nyatakan dalam jam pelajaran dan banyaknya pertemuan (contoh 2 x 45 menit).
2. merumuskan tujuan pembelajaran
Output (hasil langsung) dari satu paket kegiatan pembelajaran.
Misalnya:
Kegiatan pembelajaran: “mendapat informasi tentang sistim peredaran darah pada manusia”.
Tujuan pembelajaran, boleh salah satu atau keseluruhan tujuan pembelajaran, misalnya peserta didik dapat:
Ø  Mendeskripsikan mekanisme peredaran darah pada manusia
Ø  Menyebutkan bagian – bagian jantung
Ø  Merespon dngan baik pertanyaan-peratanyaan yang diajukan oleh teman2 sekelsx
Ø  Mengulang kembali informasi tentang peredaran darh yang telah disampaikan oleh guru
Bila pelajaran dilakukan lebih dari 1 (satu) pertemuan,ada baiknya tujuan pembelajaran juga dibedakan mnurt waktu pertemuan,sehingga tiap pertemuan dapat memberikan hasil.
3.Menentukan Materi Pembelajaran
Untuk  menentukan penetapan materi pembelajaran,dapat diacu dari indikator.
Contoh:

Indikator: peserta didik dapat menyebutkan ciri-ciri kehidupan.
Materi pembelajaran:
Cri-ciri Kehidupan:
Nutrisi ,begerak,bereproduksi,transportasi,regulasi,iritabilitas,bernapas dan ekskresi.
4. Menentukan Metode Pembelajaran
Metode dapat diartikan sbagai benar benar metode tetapi jga dpat diartikan sbagai model  atau pendekatan pembelajaran,bergantung pada karakteristik pendeakatan dan atau strategi yang dipilih.
Karena itu pada bagian ini cantumkam pembelajaran dan metode yang diintegrasikan dalam satu kegiatan pembelajaran peserta didik:
a. Pendekatan pembelajaran yang digunakan,mislnya: pendekatan proses ,kontekstual,pembelajaran langsung,pemecahan masalah, dan sebagainya.
b. Metode – metode yang di gunakan, misalnya: ceramah , inkuiri , obserfasi, tanya jawab, e-learning dan sebagainya.
 5.menetapkan kegiatan pembelajaran
a. untuk mencapai suatu kompetensi dasar harus di cantumkan langkah – langkah kegiatan setiap pertemuan. Pada dasarnya, langkah – langkah kegiatan memuat unsur kegiatan pendahuluan atau pembuka, kegiatan inti dan kegiatan penutup.
Langkah – langkah minimal yang harus di penuhi pada setiap unsur kegiatan pembelajaran adalah sebagai berikut:
1)kegiatan pendahuluan
·         Orientasi: memusatkan perhatian peserta didik pada materiyang akan di belkajarkan, dengan cara menunjukkan benda yang menarik, memberikan ilustrasi, membaca cerita di surat kabar, menampilkan slide animasi dan sebagainya.
·         Apersepsi: memberikan persepsi awal kepada peserta didik tentang  materi yang akan di ajarkan.
·         Motivasi: guru memberikan gambaran manfaat mempelajari gempa bumi, bidang-bidangpekerjaan berkaitan dengan gempa bumi, dsb.
·         Pemberian acuan: biasanya berkaitan dengan  sajian ilmu yang akan di pelajari.  Macuan dapat berupa penjelasan materi pokok dan uraian materi pelajaran secara garis besar.
·         Pembagian kelompok belajar dan penjelasan mekanisme pelaksanaan pengalaman belajar (sesuai dengan rencana langkah – langkah pembelajaran).
2) kegiatan inti

·         Berisi langkah – langkah sistematisyang di lalui peserta didik untuk dapat berkonstruksi ilmu sesuai dengan skemata (frame work) masing – masing. Langkah – langkah tersebut disusun sedemikian rupa agar peserta didik dapat menunjukkan perubahan perilaku sebagaimana di tuangkan pada tujuan pembelajaran dan indikator.
·         Untuk memudahkan, biasanya kegiatan inti di lengkapi dengan lembar kerja siswa (lks), baik yang berjenis cetak maupun non cetak. Khusus untuk pembelajaran berbasis ICT yang online dengan koneksi internet, langkah – langkah kerja peserta didik harus di rumuskan detail mengenai waktu akses dan alamat website yang jelas.termasuk alternatif yang harus di tempuh jika koneksi mengalami kegagalan
3) kegiatan penutup
·         Guru mengarahkan peserta didik untuk membuat rangkuman atau simpulan.
·         Guru memeriksa hasil belajar peserta didik. Dapat memberikan tes tertulis atau tes lisanatau meminta peserta didik untuk mengulang kembali simpulan yang telah di susun atau dalam bentuk tanya jawabdengan mengambil kurang lebih 25% peserta didik sebagai sampelnya.
·         Memberikan arahan tindak lanjut pembelajaran, dapat berupa kegiatan di luar kelas di rumah atautugas sebagai bagian remidi atau pengayaan.
b) langkah – langkah pembelajaran di mungkinkan disusun dalam bentuk seluruh rangkaian kegiatan, sesuai dengan karakteristik model pembelajaran yang di pilih, me nggunakan urutan sintaks sesuai dengan modelnya.oleh kaarena itu , kegiatan pendahuluan atau pembuka, kegiatan inti dan kegiatan penutup tidak harus ada dalam setiap pertemuan.
pembelajaran
Waktu
Pendahuluan
.........................................................................................................................................
5’
Kegiatan inti
Eksplorasi
.........................................................................................................................................
15’
Elaborasi
.........................................................................................................................................
10’
Konfirmasi
.........................................................................................................................................
5’
Penutup
.........................................................................................................................................
5’

6. memilih sumber belajar
Pemilihan sumber belajar mengacu pada perumusan yang ada dalam silabus yang di kembangkan. Sumber belajar mencangkup sumber rujukan,lingkungan,media,dan bisa lansung dinyatakan bahan ajar ap yang digunakan.misalnya,sumber belajar dalam silabus dituliskan buku referensi,dalamRPP harus dicntumkan bahan ajar yang sebenarnay.Jika menggunakan buku,maka harus ditulis judul buku tekesk tersebut, pengarang,dan halaman yang diacu.jika mnggunakan bahan ajar berbasisICT ,maka harus ditulis nama file,folder penyimpanan,dan bahan atau link fileyang digunakan,atau alamat website yang digunakan sebagai acuan pembelajaran.
7.Menentukan Penilaian
Penilaian djabarkan atas teknik penilaian,bentuk instrumen dan intrumen yang dipakai.




Contoh Format RPP minimal:

RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
(RPP)

A.      Identitas
Nama Sekolah                   : .......................................................
Mata pelajaran                 :........................................................
Kelas,Semster                   :.........................................................
Standar Kompetensi       :........................................................
Kompetensi Dasar           :........................................................
Indikator                              :........................................................
Alokasi Waktu                   :.......x........menit (.........pertemuan)

B.      Tujuan Pembelajaran
C.      Materi Pembelajaran
D.      Metode Pembelajaran
E.       Kegiatan Pembelajaran
Langkah-Langkah:
Pertemuan 1
·         Kegiatan Awal
·         Kegiatan Inti
·         Kegiatan Penutup

Pertemuan 2  
·         Kegiatan Awal
·         Kegiatan Inti
·         Kegiatan Penutup
Pertemuan 3 dst
F.       Sumber belajar
G.     Penilaian
        Mengetahui
Kepala sekolah.........................                                       Guru Mata Pelajaran  ,


FORMAT PENETAPAN KKM SD 2011

1. FORMAT PENETAPAN KKM SD KELAS 1 
2. FORMAT PENETAPAN KKM SD KELAS 2 
3. FORMAT PENETAPAN KKM SD KELAS 3 
4. FORMAT PENETAPAN KKM SD KELAS 4 
5. FORMAT PENETAPAN KKM SD KELAS 5 
6. FORMAT PENETAPAN KKM SD KELAS 6
Semoga bermanfaat bagi kita semua dalam menjalankan tugas sebagai guru.